Rabu, 30 Desember 2015

MARI KITA MANFAATKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN HIDUP MASYARAKAT INDONESIA

 Indonesia, negara  yang sedang mengalami krisis identitas. Dulu Indonesia terkenal dengan julukan negara agraris dan negara maritim. Julukan tersebut sudah tidak melekat lagi di negara tercinta ini. Dengan luas lahan yang seharusnya bisa menopang perekonomian Indonesia menjadi negara yang maju, tidak hanya lahan pertanian yang masih luas, tetapi juga perairan Indonesia yang bisa dijadikan sumber pendapatan negara.

Berkembangnya teknologi, tentu harus memberikan dampak positif terhadap laju perekonomian. Dan harus muncul generasi-generasi kreatif yang dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia. Ide tersebut adalah pemanfaatan Jaringan 4G LTE untuk masyarakat Indonesia.

Saat ini, hampir setiap orang di Indonesia memiliki handphone atau smartphone. Biasanya tidak semua fitur yang tersedia di smartphone digunakan oleh usernya. Ini terjadi karena ketidakpahaman user akan manfaat dari fitur yang ada di smartphone. Ide yang ingin saya kembangkan adalah di sektor pertanian dan perikanan dimana para nelayan dan petani dapat merasakan manfaat adanya teknologi 4G LTE melalui sebuah aplikasi yang bisa membantu mereka untuk meningkatkan penghasilan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang notabenenya memiliki keterbatasan finansial.

Untuk mewujudkan program ini harus ada keterlibatan dari semua pihak, baik dari pemerintah melalui kementerian terkait dan seluruh lapisan masyarakat. Di dalam aplikasi tersebut tersedia informasi mengenai harga pasaran hasil pertanian atau perikanan, lokasi penjualan terdekat yang ramai dikunjungi oleh konsumen sehingga hasil pertanian dan perikanan yang dijual oleh petani dan nelayan cepat laku, tidak hanya itu, bahkan melalui aplikasi ini pembeli jarak dekat juga dapat membeli hasil pertanian dan perikanan tersebut untuk dikirim langsung kepada pembeli melalui pembelian online dengan menggunakan sistem pembayaran COD.


Pemerintah memberikan bantuan device melalui desa-desa yang sudah tercover jaringan 4G minimal 1 kampung 1 smartphone, karena saya yakin beberapa tahun kedepan hampir seluruh wilayah Indonesia akan terjangkau jaringan 4G dan juga alat transportasi penjualan dan yang paling penting adalah memberikan pelatihan tentang tata caranya. Namun, Sebelum itu harus dibentuk dulu kelompok-kelompok petani dan nelayan sehingga hasil penjualan dikumpulkan berdasarkan kelompok, lalu dibagi rata sesuai dengan kontribusinya. Melalui aplikasi ini konsumen lebih mudah mendapatkan apa yang dibutuhkan, dan pendapatan petani dan nelayanpun meningkat.



<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- Yusuf Pasha Irwansyah -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-8954940612577578"
     data-ad-slot="5053088041"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar